Ini Ancaman Bagi Orang Yang Menunda-Nunda Sholat

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat adalah ibadah yang wajib untuk dijalani oleh setiap orang muslim. Tidak ada hal yang paling penting kecuali mengerjakan sholat lima waktu setiap harinya. Namun terkadang banyak orang yang melalaikan, bahkan sama sekali tidak mengerjakan. Hal inilah yang seringkali membuat manusia tak bersyuur dan tak mau mengingat siapa yang menciptakannya.
 
Ini Ancaman Bagi Orang Yang Menunda-Nunda Sholat


Namun ada juga sebagian orang yang melaksanakan sholat, tapi seringkali menunda-nunda sampai akhir waktu tiba mereka baru mengerjakan sholat. Seharusnya seorang muslim yang taat adalah orang yang mengerjakan sholat tepat waktu. Tidak ada beban baginya untuk cepat melaksanakan kewajibannya.

Berbeda dengan orang yang sering menunda-nunda, mereka akan terlalu sring mengabaikan, dan mungkin mereka berpikir, bahwa tepat atau tidaknya yang penting sama-sama mengerjakan. Namun pikiran seperti ini salah, karena Allah tidak suka dengan orang yang lalai. Seperti yang tercantum di QS.Al-Maun “ Celaka lah bagi orang-orang yang melalaikan sholat “.

Nah kalau sudah seperti itu, lalu apa bahaya yang akan didapat oleh orang yang sering menunda-nunda sholat? Berikut ancaman bagi orang yang sering menunda sholat. Berikut ulasannya :

1.Ancaman neraka
”Orang-orang yang menyia-nyiakan sholat dan sering menunda-nunda waktu sholat akan dimasukkan kedalam Ghayyu dan Wail yaitu lembah-lembah yang berada dalam neraka jahannam. Kecuali bagi mereka yang telah bertaubat dan kembali ke jalan Allah”. (QS. Maryam ayat 59-60)

Sudah mengetahui bahwa sholat itu wajib, tapi hanya sekedar tau dan tidak ingin mengerjakan tepat waktu. Selalu menunda-nunda sholat adalah perkara yang sangat dibenci oleh Allah. Maka untuk orang yang sering menunda sholat ancaman neraka baginya. Pasti tidak inginkan masuk ke dalam neraka, sebab setiap orang pasti menginginkan surga. so, kerjakan sholat tepat waktu.

2. Termasuk orang-orang yang tersesat
Menunda-nunda sholat berarti sudah termasuk orang-orang yang sesat. Bagaimana tidak, di dalam QS. Al-Maun telah dijelaskan bahwa orang-orang yang lalai dalam sholatnya atau orang-orang yang sengaja menunda-nunda sholat merupakan golongan orang-orang yang celaka. Kan percuna jika mengerjakan sholat tapi pahalanya gak dapet. Yang malah kita digolongkan orang-orang yang sesat. Yuk, mulai belajar sholat tepat waktu.

3. Tergolong dalam orang-orang yang munafik
“Salah satu golongan orang munafik atau orang yang menipu agama Allah adalah orang yang selalu bermalas-malasan saat diserukan untuk menjalankan ibadah sholat wajib lima waktu”. (QS. An-Nisa) seringkali orang lebih mementingkan urusan duniawi dibanding akhirat. ”Gak apa-apa sholatnya telat yang penting kerjanya kelar. Yang penting nanti juga bakal ngelaksanain”. Hm padahal sudah jelas tertulis didalam Al-Qur’an bahwa orang yang sering menunda sholat adalah orang yang munafik.

Dalam hadist Nabi juga telah dijelaskan bahwa orang munafik adalah orang yang menunda waktu sholat hingga waktu sholat itu habis, sedangkan hukum menunda-nunda shalat wajib adalah haram dan merupakan dosa besar.

4. Tidak mendapat syafaat dari Rosulullah
Merugilah bagi orang-orang yang sering menunda sholat. Pasalnya orang yang menunda sholat, mereka tidak akan mendapatkan syafaat dari Rosulullah. Bukan sholat yang menunggu kita, tapi kita yang menunggu sholat. Jika sudah mempunyai kekonsistenan pasti bisa kok jalani sholat tepat waktu. Sekalipun ornag itu rajin bersholawat tapi sering menunda-nunda waktu sholat maka Nabi Muhammad tidak akan memberi Syafaat di akhirat kelak.

5. Merugikan diri sendiri
Pergantian waktu sholat ternyata juga membawa energi positif bagi setiap manusia, jadi jika seseorang sering menunda waktu sholat maka dia tidak mendapatkan manfaat . Seperti yang kita ketahui sholat adalah gerakan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita, tapi kita masih lalai dalam mengerjakannya. Orang yang sering menunda-nunda waktu sholat atau bahkan sengaja meninggalkan sholat maka sesungguhnya dia sendiri yang mengalami kerugian.

Itulah ancaman bagi orang yang menunda-nunda sholat. Sebagai muslim yang baik seharusnya kita taat dengan apa yang telah diperintakan Allah. Bukan malah mengabaikannya, yang harus kita ingat bahwa pekerjaan adalah selingan untuk menunggu waktu sholat. Seharusnya kita yang nunggu sholat bukan sholat yang nuggu kita.

Yuk mulai dari sekarang kita perbaiki kembali sholat kita. Dan semoga kita semua menjadi orang-orang yang taat dan menggapai surgaNya. Semoga ini bisa menyadarkan, saya, kamu, dan kalian semua untuk selalu mengingat Allah dimana dan kapanpun. Semoga bermanfaat.


Halaman Berikutnya

0 Response to "Ini Ancaman Bagi Orang Yang Menunda-Nunda Sholat"

Post a Comment