10 Dampak Negatif Akibat Makan Tidak Teratur

Makan yang teratur merupakan salah satu kunci untuk memiliki tubuh yang sehat, apalagi asupan nutrisi yang kita konsumsi tepat dan seimbang maka tidak hanya sehat tetapi sistem didalam tubuh juga akan berjalan dengan baik sesuai tugasnya masing-masing sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit seperti maag dan lainnya.

10 Dampak Negatif Akibat Makan Tidak Teratur

Namun kenyataannya masih banyak orang yang pola makannya tidak teratur karena berbagai alasan, biasanya alasan yang paling klasik adalah sibuk mengurus pekerjaan sehingga tidak bisa makan tepat waktu. Tahukah anda bahwa makan yang tidak teratur ternyata berdampak negatif bagi tubuh kita loh, gak percaya ? mari kita simak tulisan dibawah ini 10 hal yang akan terjadi pada tubuh apabila makan tidak teratur.

1. Perubahan Hormon
Makan yang tidak teratur akan membuat hormon didalam tubuh anda menjadi tidak seimbang, disaat kita melewatkan makan siang maka hormon kortisol akan meningkat sehingga hal ini bisa menyebabkan peningkatan pada berat badan.

Jika telah tiba waktu makan, maka segerahlah anda untuk makan. Karena jika anda melewatkan waktu makan siang maka akan mempengaruhi hormon yang ada didalam tubuh. Dan efeknya akan menimbulkan ketegangan pada kortisol pada tubuh anda. selain itu sering melewatkan jadwal makan juga sangat berpengaruh terhadap berat badan anda.jadi ingatlah jam dimana kamu makan atau tidak.

2. Fluktuasi glukosa dalam tubuh
Makan tidak teratur akan sangat berpengaruh pada berat badan terlebih lagi dapat mengakibatkan penyakit diabetes jadi anda harus memperhatikan betul makanan yang anda konsumsi dan belajarlah untuk makan teratur agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu makan tidak teratur dapat mempengaruhi fluktuasi dalam tubuh.

3. Masalah pencernaan
Makan tidak teratur akan membuat anda berhadapan dengan masalah pencernaan karena makan tidak teratur dapat merusak fungsi sistem pencernaan yang tadinya sehat menjadi rusak dan susah untuk membuang air besar. Jadi makanlah 3 kali dalam sehari untuk menjaga fungsi pencernaan anda.

4. Kenaikan berat badan
Jangan berpikir jika melewatkan waktu makan dapat menurunkan berat badan anda justru bagi anda yang sering melewatkan jam makanlah yang akan menjadi satu kekacauan baru yang mengharuskan anda untuk mengalami kenaikan berat badan.

5. Mempengaruhi kebiasaan makan
Biasanya kalau sudah terbiasa dengan cara melewatkan waktu makan makan anda akan terus mengulanginya dan mengulanginya lagi.

6. Mudah lelah
Seseorang yang membiasakan diri makan tidak teratur akan berdampak pada kebugaran tubuh. biasanya orang seperti itu akan mudah merasa lelah hal ini disebabkan oleh lambatnya sistem metabolisme dan sangat mempengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem tubuh sehingga berdampak pada tubuh yang terlalu mudah merasakan lelah dan capek.

7. Komplikasi diabetes
Jika makan tidak teratur hati-hati bagi anda yang mempunyai penyakit diabetes karena jika anda terbiasa melewatkan waktu makan maka akan berdampak serius pada kesehatan tubuh dan membuat penyakit diabetes anda lebih parah.

8. Mood swing
Seringkali orang yang terbiasa melupakan waktu makannya akan terlihat mudah marah atau mood swing. Ini disebabkan mereka terlalu menunda atau melewatkan waktu makan dengan aktivitas sehingga ketika perut lapar mereka akan mudah sekali untuk marah.

9. Penurunan kesehatan otak
Saat anda meelewatkan waktu makan atau makan tidak teratur ini dapat membakar glukosa yang ada di otak anda sehingga ini meyebabkan otak tidak berfungsi dengan baik.

10. Makan lebih banyak
Perut yang kosong jika diisi oleh makanan yang lebih banyak tidak akan baik untuk kesehatan anda. maka dari itu hindari untuk melewatkan waktu makan karena itu hanya akan memperburuk keadaan dan sangat berdampak untuk kesehatan tubuh.

Nah itulah 10 dampak negatif akibat makan tidak teratur dan kebiasaan melewatkan jam makan. Jangan dianggap remeh ya guys karena jika mengosumsi makanan tidak teratur dapat berdampak pada kesehatan terlebih lagi dapat memperburuk sistem-sistem yang ada didalam tubuh.


Halaman Berikutnya

0 Response to "10 Dampak Negatif Akibat Makan Tidak Teratur"

Post a Comment